:::: MENU ::::
  • "Learn To Program a Computer, It Teaches You How To Think"-Steve Jobs

  • "Teaching is Leading"-Anonymous

  • "Writing! Then the World Will Know You"-Anonymous

Saturday, May 20, 2017

Akhirya setelah lama gak nulis, bisa menulis lagi diblog yang terbilang masih sederhana ini. Ditulisan gue kali ini, gue mau membahas mengenai soal Matematika Dasar SBMPTN 2017 yang belum lama sudah mereka lewati.

Mereka adalah para pejuang yang memperebutkan sebuah kursi di Perguruan Tinggi Negeri incaran mereka. Gue ucapkan selamat karena kalian telah melewati SBMPTN dengan sebagaimana mestinya…
Sekarang hanya tinggal menunggu hasilnya saja. Hopefully, hasilnya sesuai dengan apa yang diharapkan dan apa yang sudah diperjuangkan. Namun tenang bro and sist, jangan jadikan SBMPTN ini sebagai beban buat kalian. Terlepas kalian lulus atau tidak, jangan dijadikan beban. “Stay cool and stay classy”. Tetep optimis dan positif thinking aja menunggu pengumumannya.
Sesuai dengan yang sudah gue bilang diatas, ditulisan gue kali ini gue akan membahas soal Matematika Dasar SBMPTN 2017. Dipembahasan kali ini, gue hanya memberikan pembahasan melalui foto saja, jadi kalau lo masih merasa bingung, kurang jelas atau kurang paham, lo bisa langsung tanya ke gue melalui contact yang sudah gue sediakan di Baik Bulir ini.
Sedikit review soal Matematika Dasar SBMPTN 2017 kali ini dari gue. Gue melihat soal sekarang(SBMPTN 2017) itu lebih mudah dari soal2 sebelumnya(sumpah fix ini gue bukan sombong, gue masih belajar kok. Tapi memang kenyataan soalnya seperti itu di SBMPTN 2017 hehe). Seperti biasa, materi atau bab yang keluar kebanyakan itu lagi itu lagi. Ada satu soal yang udah lama gak keluar di matematika dasar, pada SBMPTN 2017 lalu dikeluarkan kembali. Soal itu adalah Dimensi 3. Salah satu bab atau materi yang selalu gue kerjakan terkahir setiap kali gue ujian. Why? Entah kenapa si antah berantah Dimensi 3-kok kayaknya gue kesel sekali dengan Dimensi 3 ya lol. Sejujurnya tidak kok hehe- buat gue memang membutuhkan waktu untuk sedikit mengimajinasikan untuk mengerjakan soal tipekal SBMPTN maupun Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Soal SBMPTN 2017 kemarin juga menurut gue masih bisa dikerjakan tanpa harus banyak berpikir. Jika lo udah bener2 paham sama konsep dan apa yang ditanyakan oleh si pembuat soal, pasti lo langsung bisa mengerjakan soal tersebut. Tentu saja, dengan pengetahuan dasar lo di matematika akan sangat membantu lo dalam mengerjakan soal matematika level ini. Apalagi yang seru ya dari soal matematika dasar sbmptn tahun ini hmm… Oh iyaa bro and sist, kalau lo perhatikan soal matdas sbmptn tahun ini, ada dua materi yang biasanya tidak pernah absen di sbmptn, namun di sbmptn kemarin kebetulan sedang absen. Bisa lo tebak materi apa itu? Yaps bingo! Eksponen dan Logaritma. Gue juga agak terkejut kedua materi itu tumben gak keluar pada sbmptn tahun ini. Mungkin sebagai gantinya adalah soal dimensi 3 dan bangun datar yang mulai datang kembali sejak SBMPTN 2015. Gue sudah ada plan untuk mencoba membedah materi apa saja yang sering keluar di matematika dasar sbmptn versi gue.
Wokeh mungkin segini aja ulasan gue untuk Matematika Dasar SBMPTN 2017. Berikut pembahasan Matematika Dasar SBMPTN 2017 versi gue. Jika masih kurang jelas, silahkan lo tanya ke sini.
Klik disini untuk mendownload pembahasan soal Matematika Dasar SBMPTN 2017.

Kode 224

Kode 224
*Note: Gue sengaja menyisakan satu soal dimensi 3, mungkin diantara lo ada yang mau berbagi cara untuk menyelesaikan soal dimensi 3 tersebut hehe. Silahkan tinggalkan di comment bagi yang mau share cara kalian dalam menyelesaikan soal dimensi 3 yang belum gue share disini hehe. Thank you my readers!

6 comments:

  1. Hallow @Admin, salam kenal.

    Terima kasih telah mengupload soal matematika dasar SBMPTN 2017 kode 224. Sebelumnya saya sudah coba cari-cari di mbah google dan sulit menemukannya, dan akhirnya nemu di blog baikbulir ini. Katanya sih soal TKPA 2017 ditarik oleh panitia pelaksana sehingga sulit untuk mendapatkannya.

    Lagi sekali terima kasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih sudah mampir ke sini. Senang bisa membantu Putu. Salam kenal :)

      Delete
  2. Untuk soal yang dimensi tiga,

    Ini jawaban versi saya :

    Perhatikan segitiga ABY dan segitiga XFY, mereka sebangun.
    Perbandingannya :
    FY/BY = FX/AB
    FY/(FY+6)=2/6
    FY/(FY+6)=1\3
    3FY = FY + 6
    FY = 3

    Kemudian perhatikan segitiga FGY, jarak Y ke G adalah sisi miringnya, sehingga bisa kita hitung dengan pythagoras :
    YG^2 = FY^2 + FG^2
    YG^2 = 3^2 + 6^2
    YG^2 = 45
    YG = 3 akar(5)
    Jawabannya C.

    Mohon dikoreksi jika ada kesalahan.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaap! Terima kasih apresiasi untuk soal dimensi tiganya Putu.

      Delete
  3. Izin save ya gan, makasih sudah sharing! Insyaallah tahun depan saya mau coba sbmptn'18 😀 terimakasih gan referensi soal sbm dan pembahasannya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaap silahkan save gan. Semangaaat gaan, goodluck gan hehe

      Delete